Ternyata Posisi Tidurmu Juga Mempengaruhi Kesehatanmu

Kalian pasti sering mendengar atau membaca jika kualitas dan kuantitas tidur berpengaruh banyak terhadap kesehatan. Selain juga harus nyenyak, tidur juga harus dengan durasi yang tepat, agar badan bugar, dan memberikan efek baik bagi kesehatan.

Tapi selain itu, tahukan kalian jika posisi tidur kita berpengaruh bagi kesehatan kita. Posisi seperti apa sajakah itu ? Mari kita simak satu-satu nih sob...


Posisi Pertama - Terlentang, Tangan Di Samping

Tidur terlentang dengan posisi tangan di samping ini dianggap sebagai posisi terbaik untuk kesehatan tulang belakang, dan juga baik untuk leher selama kamu tidak menggunakan terlalu banyak bantal.

Namun demikian, orang dengan posisi seperti ini, memiliki kecenderungan mendengkur lebih tinggi. Selain itu, posisi demikian dianggap bisa menyebabkan apnea tidur.


Posisi kedua - Terlentang, Posisi Tangan Di Atas

Posisi yang biasa juga disebut dengan posisi "starfish" atau "bintang laut" ini juga baik untuk kesehatan punggung. Selain itu, posisi ini juga bisa membantu mencegah keriput pada wajah dan mencegah timbulnya jerawat. Tapi, sama dengan posisi nomor 1 tadi, posisi ini juga mempunyai kecenderungan untuk memberikan dengkur pada saat tidur, dan juga memicu produksi asam lambung. Selain itu, posisi terlentang dengan tangan di atas ini dapat memberikan tekanan pada syaraf di bahu, yang bisa menyebabkan nyeri.





Posisi Ketiga - Tengkurap

Posisi tengkurap sebenarnya baik untuk kesehatan pencernaan, namun tidak baik untuk kesehatan leher, posisi seperti ini cenderung memberikan tekanan bagi leher. Karena ketika kita tengkurap, sudah pasti kepala kita dalam posisi menoleh, hal ini lah yang memberikan efek buruk tersebut.

Tidak mungkin kan kita tengkurap dengan posisi wajah menempel di bantal ? Kecuali jika kita bisa bernafas dengan lega melalui bantal tersebut. Selain itu, posisi tengkurap juga tidak baik untuk kesehatan punggung.




Posisi Keempat - Meringkuk

Posisi ini mungkin memang nyaman, tapi bisa menyebabkan sakit punggung dan leher. Apalagi jika lengkungan dari tubuh kamu ekstrim dalam tidur dengan posisi ini, hal tersebut juga bisa menyebabkan sulit bernafas dalam-dalam. Namun, tipe tidur seperti ini boleh dipertimbangkan jika kamu punya masalah dengan mendengkur, atau kamu sedang hamil.



Posisi Kelima - Posisi Menyamping dengan Tangan di Samping Tubuh

Posisi ini sebetulnya memberikan posisi terbaik bagi punggung dan leher, punggung ada di lengkungan naturalnya, begitupun leher, ada di posisi terbaiknya. Selain itu posisi ini dapat menurangi resiko apnea tidur.

Tapi posisi ini tidak begitu baik bagi bagian tubuh yang ada di bawahnya. Karena bisa menyebabkan penuaan kulit karena gravitasi, yaitu pengeriputan kulit. Juga bisa mengendurkan payudara bagi para wanita.



Posisi Keenam - Posisi Menyamping dengan Tangan Terjulur Keluar

Tidur dengan posisi ini juga dapat mengurangi resiko apnea tidur, dan menurunkan produksi asam lambung. Namun posisi ini juga dapat menimbulkan rasa sakit pada bahu dan lengan karena tekanan pada saraf dan juga menyebabkan aliran darah tidak lancar.

 

Posisi Ketujuh - Posisi Menyamping Ke Kiri atau Ke Kanan

Kalau kamu tipe orang dengan posisi tidur menyamping, entah kanan atau kiri, keduanya juga memiliki perbedaan pengaruh terhadap tubuh. Menghadap kiri dapat menyebabkan rasa panas di dada karena adanya tekanan pada jantung.

Sedangkan menghadap kanan dapat memberikan sedikit ketegangan bagi paru-paru. Untuk ibu hamil, dokter biasanya menyarankan tidur dengan menghadap samping, karena posisi tersebut merupakan posisi terbaik bagi sirkulasi darah untuk janin.



Posisi Kedelapan - Tidur Dengan Disertai Bantal Tambahan

Bagaimanapun posisi tidur yang kamu pilih, kamu bisa mengurangi resiko-resiko di atas dengan memberikan "suplemen" bantal untuk badan kamu. Buat kamu yang tidur terlentang, kamu bisa meletakkan bantal kecil di lengkungan tulang belakangmu.

Untuk yang doyan tidur menyamping, boleh meletakkan bantal di antara lutut. Dan untuk si tukang tengkurap, bisa meletakkan bantal di bawah pinggul untuk menyokong persendian, dan memberikan relaksasi tanpa rasa sakit.

Namun sebaik-baiknya posisi tidur adalah yang di contohkan oleh Rasulullah Muhammad. Mau tau seperti apa dan apa pembuktiannya dalam dunia medis ?

Sahabat mesti menyimak yang satu ini :

1. Posisi tidur Nabi saw adalah miring kesebelah kanan Kemudian, beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati.

Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung; jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. Selain bermanfaat bagi pencernaan paling tidak ada 3 manfaat lain yang dapat diambil dari posisi tidur miring kesebelah kanan, yakni :

Untuk jalan nafas tidur miring mencegah jatuhnya lidah kebelakang yang dapat menyumbat jalan nafas. Lain halnya jika tidur pada posisi terlentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan penghalangan jalan nafas, penampakan dari luar berupa mendengkur.

Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen malah kadang-kadang dapat terjadi henti nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Orang tersebut biasanya akan bagun dengan keadaan pusing karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu tidur kita.

Untuk jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

Bagi kesehatan paru-paru: paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring kesebelah kanan, jantung akan jatuh kesebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

2. Selain posisi tidur yang miring kekanan Nabi saw juga meluruskan punggungnya pada saat tidur, manfaatnya adalah supaya organ-organ dalam tidak tertekan, posisi tersebut juga melancarkan peredaran darah.

3. Sedikit menekuk kaki Di dunia kedokteran seorang dokter akan meminta pasien menekuk kakinya jika dokter tersebut akan memeriksa perut pasien. Fungsi dari sedikit menekuk kaki adalah untuk mengendurkan otot-otot perut sehingga lebih mudah untuk diperiksa. Menekuk kaki sedikit pada saat tidur menolong organ-organ dan otot otot perut itu sendiri untuk relaksasi lebih sempurna. Sehingga tidur kita lebih nyaman.

4. Menggunakan telapak tangan sebagai bantal. Kita tentu sering dengar bahwa posisi leher sangat mempengaruhi kualitas tidur. Leher yang tidak lurus pada saat tidur menyebabkan sakit leher pada saat bangun dan biasanya ini menetap beberapa lama sehingga mengganggu aktifitas. Maha suci Allah yang menciptakan tangan sedemikian rupa sehingga apabila kita melihat orang yang tidur dengan telapak tangan maka antara kepala, leher dan punggung tercipta garis lurus.

SELAMAT MENCOBA...

G+

0 komentar:

Post a Comment