Cara Meninggalkan Rumah Yang Baik dan Benar (Mudik Tutorial)

Apakah Anda termasuk orang yang sering meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama? Misalkan untuk berlibur ke luar kota/negeri atau pulang kampung (mudik). Nah, sebelum memutuskan untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam beberapa lama, penting untuk dipahami bahwa rumah yang ditinggal kosong tersebut sangatlah rentan terhadap aksi pencurian dan bahkan tidak sedikit rumah tersebut mengalami musibah, seperti kebakaran dan kerusakan. Sebagian besar kejadian tersebut justru terjadi akibat kelalaian dari si pemilik rumah yang mengabaikan beberapa hal penting sebelum meninggalkan rumah.

Jadi, supaya kita tidak menjadi korban berikutnya, kira – kira apa saja sih langkah – langkah yang harus kita lakukan agar rumah tetap aman dan terjaga saat kita tinggalkan hingga berhari – hari, khususnya saat liburan atau mudik? So, agar tidak bingung lagi, simak yang dibaweah ini...

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela Rumah



Hal penting pertama yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah adalah pastikan bahwa semua pintu dan jendela rumah anda sudah terkunci sempurna, sehingga tidak ada celah sedikitpun untuk orang bisa memasuki rumah anda.

Untuk memaksimalkan keamanan rumah anda, gunakanlah gembok khusus yangmana kuncinya tidak bisa digandakan atau dibuka dengan kunci T. Perlu diketahui bahwa ada beberapa gembok yang sebenarnya sangat mudah dikerjai oleh para pencuri hanya dengan menggunakan kunci T. Maka dari itulah, pemilihan gembok yang benar – benar aman sangatlah perlu diperhatikan.

2. Matikan Aliran Listrik, Air dan Cabut Selang Gas Untuk Mencegah Kecelakaan



Sebelum memastikan rumah anda sudah terkunci dengan benar, jangan lupa untuk memastikan seluruh aliran listrik dirumah anda sudah dimatikan melalui sekring listrik. Aliran listrik yang masih menyala selama rumah ditinggal kosong hingga berhari – hari dapat memicu kecelakaan yang sangat tidak diinginkan lho, misalnya terjadi korsleting listik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Selain itu, perhatikan juga aliran air dan keran, pastikan bahwa seluruh aliran air dan keran sudah dimatikan. Dan yang tak kalah pentingnya lagi, pastikan anda telah mencabut selang gas dirumah anda. Hal ini sangat penting dilakukan guna mencegah terjadinya kebakaran.

3. Tinggalkan Rumah Dalam Keadaan Bersih dan Rapi



Kondisi rumah yang kotor mengindikasikan bahwa rumah tersebut sedang berada dalam kondisi tidak terurus dan pastinya tidak berpenghuni. Hal ini tentu saja bisa memancing orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan di rumah anda. Maka dari itulah, meninggalkan rumah dalam keadaan bersih dan rapi sangatlah penting untuk anda lakukan agar menutupi kesan yang dapat memicu kejadian buruk terjadi pada rumah anda.

Jika perlu, anda bisa meminta tolong kepada seseorang atau tetangga untuk rutin membersihkan bagian depan rumah anda setiap hari. Khusus bagi anda yang memiliki hewan peliharaan, tidak ada salahnya juga untuk menitipkan hewan peliharaan anda kepada orang – orang yang anda percaya misalkan teman atau tetangga dekat.

4. Pasang Kamera CCTV dan Alarm Keamanan



Untuk keamanan rumah yang lebih maksimal lagi, perlu juga bagi anda untuk memiliki beberapa kamera pengintai (CCTV) di beberapa sudut rumah anda. Apalagi saat ini, produk – produk CCTV yang berkualitas dengan berbagai fitur – fitur unggulan seperti live detection melalui smartphone, motion detection dan alarm sudah banyak dijual dan tersedia dimana – mana dengan harga yang terbilang cukup terjangkau.

Adanya CCTV dengan fitur live detection seperti itu juga bisa membantu anda untuk memberitahukan kondisi rumah anda secara langsung dan apabila anda melihat hal – hal yang mencurigakan terjadi dirumah anda, anda langsung bisa melakukan tindakan dengan menghubungi tetangga terdekat dan RT/RW setempat di lingkungan rumah anda.

5. Titipkan Rumah Kepada Tetangga dan RT/RW Setempat



Setelah anda memastikan keadaan rumah anda sebelum ditinggalkan, jangan lupa juga untuk menghubungi tetangga dekat dan RT/RW setempat untuk memberitahukan bahwa rumah anda akan ditinggalkan liburan atau mudik dalam beberapa hari, serta minta tolong kepada mereka untuk ikut membantu mengawasi rumah anda selama ditinggalkan.

Anda juga perlu meminta nomor kontak tetangga dekat dan RT/RW tersebut agar nantinya bisa dihubungi jika terjadi hal – hal mencurigakan dirumah anda, khususnya bagi anda yang memiliki kamera CCTV yang terhubung langsung di smartphone anda.

NAH..Gimana sob? Sudah tahu kan apa - apa saja yang mesti anda persiapkan sebelum meninggalkan rumah dalam waktu yang lama? So, harus tetap waspada dan hati - hati ya sob, apalagi saat ini aksi kriminalitas semakin mengerikan sob, hiyyy...

Untuk memaksimalkan keamanan, disarankan untuk membeli gembok dan kunci yang tidak bisa digandakan sob, jadi lebih terjamin. Selain itu, pasang juga beberapa kamera CCTV, biar bisa terus mengawasi rumah anda walau dalam keadaan jauh..Oke, sudah aman dan lega deh untuk Liburan! Caappccuuss...

G+

6 komentar:

  1. Terima kasih atas tips nya, om..
    Sebelum kita meninggalkan rumah, memang harus memperhatikan beberapa faktor yang mungkin akan merugikan kita. Oleh karena itu kita harus melakukan tips2 di atas sebelum kita meninggalkan rumah dalam jangka yang agak lama.

    ReplyDelete
  2. Tips ini bisa saya jadikan acuan saat akan meninggalkan rumah. terima kasih ya.

    ReplyDelete
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  5. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  6. bagus tutornya biar rumah selalu aman

    Harga tepung

    ReplyDelete