Suara Mengerikan dari Planet Jupiter Terekam Satelit Juno

Sebenarnya, berita ini sudah ada sejak 2 bulan yang lalu. Tetapi mungkin banyak dari anda yang belum mendengar berita mengenai suara “mengerikan” yang direkam oleh Satelit Juno yang saat ini sedang mengorbit planet Jupiter.


Suara gemuruh, aneh dan melengking ini direkam oleh Juno pada tanggal 24 Juni 2016, ketika satelit ini memasuki batas  medan magnet Jupiter. Suara yang  terekam ini sungguh sangat menarik sekaligus mengerikan apabila didengarkan.

Pada bagian pertama kita mendengarkan rekaman suara ketika Juno sedang memasuki daerah Busur Kejut ( Bow Shock ) dari planet Jupiter. Daerah Busur Kejut ini merupakan daerah dimana angin matahari yang meluncur sepanjang Tata Surya secara tiba-tiba melambat dan memanas ketika menabrak Magnetosfer milik Jupiter. Busur Kejut ini seperti dentuman sonik ( sonic boom ) yang terjadi ketika pesawat bergerak melebihi kecepatan suara dan membentuk gelombang kejut.


explained-with-image.png

Pada bagian kedua yang kita dengarkan adalah suara ketika juno melewati daerah magnetopause Jupiter. Magnetopause ini merupakan batas antara medan magnet Jupiter dengan medan magnet Matahari ( Angin Surya ). Selain suara dari magnetopause jupiter, yang kita dengarkan juga adalah “trapped continuum radiation”  atau radiasi yang terperangkap secara terus menerus. Trapped continuum radiation ini adalah kondisi dimana gelombang terjebak di daerah magnetosfer jupiter yang memiliki kerapatan rendah.

Sebagai informasi tambahan, magnetosfer jupiter ini merupakan “bangunan ruang angkasa” yang terbesar ( dengan pengecualian heliosfer ). Magnetosfer jupiter ini terbentuk karena arus listrik yang kuat di dalam ini planet, yang terbuat dari hidrogen metalik.
Dari banyak tujuan ilmiah lainnya, Juno akan meneliti mengenai medan magnet dari planet Jupiter dan akan menguak dari rahasia-rahasia lain yang dimiliki oleh si raksasa Jupiter.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan semoga bisa menambah wawasan. Teruslah berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan konten yang menarik. Wasalam...

Referensi
http://www.sciencealert.com/the-juno-spacecraft-just-recorded-these-creepy-sounds-around-jupiter
http://www.iflscience.com/space/juno-has-recorded-what-the-magnetosphere-of-jupiter-sounds-like/

G+

8 komentar:

  1. suaranya kaya gimana gan?
    banyak istilah2 asing jadi sy kurang mudeng :D

    ReplyDelete
  2. @Dechan,
    itu saya kasih link videonya sob

    ReplyDelete
  3. itu salah satu dari sekian banyak kejadian yang membuktikan betapa hebat kekuasaan -Nya.

    ReplyDelete
  4. @Dwi Pena,
    benar sekali

    ReplyDelete
  5. Wah, info yg sangat penting dan unik juga menarik. Thanks ya.

    ReplyDelete
  6. @Fajar Mongkareng,
    sama-sama gan

    ReplyDelete
  7. pengin dengerin suara nya, tapi kok nggak berani ya :v

    ReplyDelete
  8. @XXIBDRGN,
    takut ya?

    ReplyDelete