Inilah Alasan Mengapa Kulit Anda Bisa Memar Secara Tiba-Tiba

Memar atau lebam (bahasa Inggris: bruise, contusion) adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit. Memar ditimbulkan oleh trauma seperti tumbukan benda tumpul dan menimbulkan rasa sakit walaupun pada umumnya tidak berbahaya. Endapan sel darah pada jaringan kemudian mengalami fagositosis dan didaurulang oleh makrofaga. Warna biru atau ungu yang terdapat pada memar merupakan hasil reaksi konversi dari hemoglobin menjadi bilirubin. Lebih lanjut bilirubin akan dikonversi menjadi hemosiderin yang berwarna kecoklatan. Sayangnya peristiwa seperti ini sering di kaitkan dengan hal-hal yangberbau mitos.


Penyebab Sering Muncul Memar di Tubuh Secara Tiba-Tiba :





1. Diabetes



Saat Anda mendapati ada bercak atau memar di kulit Anda pada area tertentu, bisa jadi itu indikasi dari gejala awal diabetes. Hal ini terjadi karena adanya perdarahan kapiler internal karena pembuluh darah yang lemah. Sehingga mudah sekali terjadi memar.



2. Olahraga



Alasan lain dari munculnya memar adalah olahraga terutama yang terlalu berat. Sebab olahraga akan menempatkan banyak ketegangan di otot yang kemudian menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan memar. Jadi jika Anda senang berolahraga, jangan kaget apabila sering muncul memar di kulit Anda.

3. Penuaan



Saat menua, produksi kolagen serta lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Sehingga Anda pun jadi mudah memar terutama ketika usia Anda di atas 60 tahun.



4. Gangguan Darah




Berbagai penyakit dan kondisi yang berhubungan dengan darah dapat menyebabkan memar yang berlebihan. Seperti sepsis, trombositopenia, hemofilia, leukemia, penyakit Hodgkin, dan disfungsi trombosit. Kanker darah juga dapat menyebabkan fungsi sel darah memburuk. Hal ini sangat mungkin menyebabkan memar pada kulit.



5. Mengkonsumsi Obat




Mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu ternyata juga bisa menyebabkan kulit jadi memar. Beberapa jenis obat yang bisa membuat Anda memar adalah aspirin, kontrasepsi, serta steroid.



6. Purpura Dermatosis





Purpura dermatosis merupakan kondisi kulit di mana darah keluar dari kapiler kecil sehingga membuat memar keunguan akan muncul. Pada kasus yang berat, kondisi kulit ini juga bisa menimbulkan rasa gatal. Salah satu cara sederhana agar Anda terhindar dari gangguan ini adalah dengan mengoleskan krim tabir surya setiap kali akan beraktivitas ke luar ruangan.



7. Kekurangan Vitamin




Vitamin C sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan pembuluh darah kecil Anda pecah sehingga menyebabkan memar.



8. Stres dan kelelahan



Beberapa hal dapat menyebabkan penggumpalan darah. Yg paling mudah yakni trauma atau benturan secara fisik. Tapi, tak menutup kemungkinan penggumpalan berlangsung lantaran factor lain. Banyak orang yg mengaku mengalami bercak biru jika sedang stres, terlalu lelah, atau karena alergi. Utk mengatasinya, ya dikurangi saja tingkatan stresnya atau perbanyak istirahat.



9. Kadar Lemak Turun



Lemak tubuh merupakan sistem bantalan alami tubuh. Pada orang yang mengalami penurunan berat badan secara drastis akan lebih rentan terhadap memar yang muncul tiba-tiba.

G+

0 komentar:

Post a Comment