Bahaya Mencuci Muka Secara Berlebihan

Mencuci muka hal yang gampang. Kita tidak perlu panduan cara mencuci muka. Tanpa perlu diajari kita pasti tahu cara mencuci muka. Meskipun hal yang gampang, ada satu kesalahan terbesar yang sering kita lakukan, yaitu mencuci muka terlalu berlebihan!
 
Menurut Barry Resnik, dokter kulit asal Miami, Amerika Serikat, hal yang disalahpahami oleh orang-orang tentang mencuci muka adalah mencuci muka sampai bersih kesat! Hal ini menyebabkan ikut hilangnya minyak pelindung yang secara alami diproduksi oleh kelenjar sebaceous.
 
 
 
"Ya, jika dibiarkan minyak dapat berakibat buruk, seperti menyumbat pori-pori kulit atau mengganggu makeup di wajah" kata Resnik, "Tetapi minyak punya fungsi penting, untuk melembutkan dan melindungi kulit kita" lanjutnya.
 
Resnik menjelaskan, dalam mencuci muka, tujuannya adalah untuk menghilangkan "minyak jahat" bersama dengan kotoran. "Memang kulit kita akan memproduksi minyak kembali, tetapi jika dilakukan terus-menerus akan mengakibatkan kulit memerah serta iritasi" tambahnya, "Hal ini juga akan menyulitkan proses perbaikan yang dilakukan kolagen pada kulit untuk membuat kita tetap terlihat menarik!"
 
Kapan waktu yang tepat untuk mencuci muka? Resnik mengatakan sebaiknya dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan atau di malam hari saat kita telah selesai beraktivitas.
 
 Jika ingin cara yang lebih aman, alangkah baiknya kita lakukan teknik berwudhu saja. Seperti yang diajarkan oleh Rasululah SAW.

G+